Minggu, 08 Januari 2012

Proses penerimaan diri sendiri

Apabila anda masih bingung dengan orientasi seksual anda, maka saya sarankan untuk membaca Are you a : Hetero, Bi, or Homo? terlebih dahulu, setelah anda merasa cukup yakin bahwa anda adalah seorang homoseksual/biseksual, tetapi masih dalam tahap "bingung" bagaimana anda menyikapinya, anda dapat mencoba jalani beberapa langkah di bawah ini :

1. Bukalah diri anda sendiri (bukan dalam artian bugil -_-), anda membutuhkan suasana yang tepat, yaitu suasana hening dengan tidak ada suara apapun sama sekali, sendirian, dan suasana hati dan pikiran yang tenang, karena anda harus menyatukan pikiran dan perasaan anda, setelah itu anda baru bisa memulai "berkonsultasi" dengan diri anda sendiri, seperti menanyakan pertanyaan dan menjawabnya sendiri, pertanyaannya terserah anda, tanyakanlah yang anda masih penasaran, dan jawab sebisa mungkin, tetapi kalau anda belum menemukan jawabannya, maka saya sarankan anda mencari referensi yang benar dari internet(sumber yang terpercaya sangat membantu anda untuk mendapatkan jawaban yang benar).Dan anda benar-benar saya sarankan untuk berbijaksana kali ini, karena apabila anda tidak berbijaksana, maka anda akan menyangkal bahwa anda adalah seorang homoseksual/biseksual dan anda akan bingung sendiri dengan orientasi seksual anda.

2. Cari teman sesama homoseksual/biseksual, saya sangat menyarankan untuk mencari seseorang yang anda anggap benar, bisa didekati, diajak sharing, dan dijadikan referensi, selain itu mencari teman sesama sangat membantu anda untuk menenangkan diri, karena tanpa disadari, dengan bertukar pendapat, hanya mengetahui cerita orang lain, ataupun hanya berkumpul dengan teman sesama homoseksual/biseksual dari media sosial pun bisa membuat kita lebih tenang, saya mengerti mungkin anda sedang merasa takut, tetapi jangan sampai rasa takut anda berlebihan, tetap kendalikan pikiran anda.

3. Terima dan Sayangi diri anda sendiri, apabila anda tidak menerima diri anda sendiri, bagaimana mungkin anda berharap orang di sekitar anda bisa menerima anda?Kadang pada fase ini, seseorang tidak bisa menerima dirinya sebagai seorang homoseksual/biseksual, dan tidak sedikit dari orang-orang yang putus asa dan terjerumus ke dalam dunia narkoba karena menganggap bahwa hidup sebagai seorang homoseksual/biseksual hanyalah untuk bersenang-senang, atau bahkan sampai mengakhiri hidupnya sendiri.Tentu sangat disayangkan bukan?

4. Percaya pada diri anda sendiri, jangan karena anda adalah seorang homoseksual/biseksual membuat anda merasa terpojok dari orang-orang di sekitar anda, memang pada awal-awal akan membuat anda merasa berbeda, tetapi jangan sampai perasaan itu berkelanjutan, bisa saja perasaan itu malah membuat anda stress, anda tidak sendirian, dan manusia itu diciptakan berbeda-beda.Sekalipun anda merasa sendirian, anda masih memiliki Tuhan yang anda bisa ajak berkomunikasi.

5. Jalani hidup anda seperti biasanya kembali, setelah anda dapat melewati fase "kebingungan", maka anda pun sudah mengetahui dan yakin orientasi seksual anda.Anda seharusnya sudah bisa menjalani hidup anda kembali seperti biasanya, namun dengan anda yang "baru".Dengan begini, anda akan bisa lebih menghargai hidup anda sebagai seorang homoseksual/biseksual.

Sesuatu itu tidak ada yang instan atau langsung, mie instan saja perlu dimasak dahulu kan sebelum dinikmati?Semuanya butuh proses, karena menurut saya proses ini sangat membutuhkan banyak waktu untuk berpikir secara keras, ada beberapa homoseksual/biseksual yang membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk mengetahui dan meyakinkan dirinya sendiri karena dia selalu menyangkal sebelumnya, tetapi ada juga yang cepat.Tetapi kalau anda memilih untuk menyangkal diri anda sebagai seorang homoseksual/biseksual, maka saya pun tidak melarang, inilah baru yang disebut sebagai sebuah pilihan.

Saya sarankan anda tidak perlu tergesa-gesa, tetapi saya sangat menyarankan untuk sangat bersikap terbuka dan bijaksana terhadap diri anda sendiri.Memang susah, karena manusia itu pada dasarnya sangat takut dan kalau bisa malah menghindari suatu kenyataan yang dianggap tidak menyenangkan.Disini saya sarankan apabila anda masih tidak percaya diri, bingung, atau butuh teman sesama, anda bisa meninggalkan pesan anda di kolom komentar di bawah.Apabila anda membutuhkan bantuan saya, saya akan berusaha semampu saya untuk membantu anda.

Pilihan lain pun bisa langsung bertemu dan berkonsultasi dengan psikolog (saya sangat menyarankan untuk tidak memilih psikiater), tetapi terkadang saya juga bingung karena ada beberapa psikolog yang menganggap bahwa homoseksual/biseksual itu adalah penyakit, dan itu adalah sebuah kesalahan besar, maka anda juga turut memilih psikolog yang bisa dipercaya dan benar.

Menjadi seseorang yang berbeda bukan berarti menjadikan kita sebagai kaum terpojok, minoritas, atau kalah dengan orang lain, kita pasti memiliki sesuatu juga yang orang lain tidak miliki, begitu juga sebaliknya, apabila seseorang memiliki sesuatu yang orang lain tidak miliki, sebaiknya tidak menyombongkan diri dan bersyukurlah bahwa anda memiliki kelebihan yang orang lain tidak miliki.

-KS

1 komentar: